GREEN ZONE

 

Sutradara : Paul Greengrass

Pemain : Matt Damon, Brendan Gleeson, Khalid Abdalla, Amy Ryan, Greg Kinnear, Jason Issacs, Yiqal Naor

Durasi : 115 menit

Skenario : Brian Helgeland dan Rajiv Chandrasekaran ( Buku )

Produksi : Universal Studios

Tanggal Rilis : 12 Maret 2010

Masalah dibalik perang Irak vs USA

Green Zone menggambarkan apa yang menjadi pemicu dalam perang Irak. Paul Greengrass sang sutradara mengemasnya dengan memberikan bumbu drama yang akan membuat kita memutar otak atau sekedar menebak apa yang terjadi. Bagi yang bukan pemerhati perang yang sesungguhnya atau sejarahnya sekalipun, Green Zone akan menambah wawasan kita atas apa yang menjadi pemicu perang di Irak tahun 2003 silam

Roy Miller ( Matt Damon ) adalah kepala pasukan khusus yang ditugaskan di Irak untuk mencari WMD ( Weapons of Mass Destruction ) alias senjata pemusnah massal. Namun setelah ia menjalankan misinya tersebut dengan menyisir beberapa tempat yang dicurigai, WMD tidak pernah berhasil ditemukan oleh Miller. Rasa curiga pun semakin menyelimuti Miller yang selalu menjalankan misi dengan hasil tangan kosong. Ia merasa ada yang tidak beres dengan badan intelejen yang memberikan informasi palsu. Ternyata Miller pun tidak sendiri, kepala CIA di Baghdad, Martin Brown ( Brendan Gleeson ) juga merasakan hal yang sama. Akhirnya mereka berdua sepakat untuk menemukan fakta yang sebenarnya terjadi.

Roy Miller bekerjasama dengan Martin Brown namun menemui jalan buntu walau ia akhirnya bisa bertemu dengan Jenderal tertinggi Irak Muhammad Al-Rawi yang harus mati terbunuh di tangan orang Irak sendiri. Ia berkenalan dengan warga Irak asli bernama Freddy dan justru dialah yang menyimpan amarah yang sesungguhnya.
Film ini mensettingkan kondisi bahwa Irak ingin berubah menjadi Negara Demokrasi dan cepat-cepat keluar dari tirani Alm Saddam Husein yang sangat berkuasa. Tidak hanya menarik tapi cukup membuat kita berpikir tentang negara adi kuasa Amerika Serikat terhadap dunia Islam. Ada yang menarik dari film ini karena mencoba menghadirkan kembali sosok wartawan kritis yang menjadi inspirasi bagi Miller untuk tetap mengejar Al-Rawi dan bertanya sendiri kepadanya tentang apa yang sebenarnya terjadi.

Sinematografi yang ditampilkan patut diberi acungan jempol, meskipun syuting dilakukan di sekitar Inggris, Maroko, dan Spanyol, namun film ini benar-benar memanjakan penontonnya dengan tampilan perang yang sesungguhnya. Seperti saat Miller beserta tim-nya yang menyisir lokasi target ataupun saat mereka menerobos kerumunan orang Irak yang sedang kehabisan air, sangat realistis digambarkan. Belum lagi dengan suguhan kamera hand-held yang semakin membuat kita seperti ikut terlibat dalam perang tersebut. Matt Damon ( Roy Miller ) sebagai pemeran utama nyaris séance by séance tidak terlewatkan adegan yang sangat menegangkan itu. Dan apakah Miller berhasil memecahkan masalah bahwa senjata pemusnah massal yang dimiliki oleh Irak benar-benar ada ? Buat penggemar film action wajib menonton film ini

: dari berbagai sumber

4EB09

International Accounting