Menurut artikel yang saya baca pada website tribun news mengenai kondisi IHSG yang terjadi yaitu, Di tengah krisis utang yang melanda dunia, Menteri Keuangan Agus Martowardojo menilai kondisi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) di Bursa Efek Indonesia masih lebih baik dibanding negara lain. Di tengah krisis utang yang melanda dunia, Menteri Keuangan Agus Martowardojo menilai kondisi IHSG (Indeks Harga Saham Gabungan) di Bursa Efek Indonesia masih lebih baik dibanding negara lain.

Nilai IHSG juga mengalami penurunan hingga mencapai level 3.269 seiring dengan terjadinya pelemahan di hampir seluruh bursa global. Bila kita perhatikan year to date (ytd) return sampai tanggal 30 September 2011, ytd IHSG masih mencatat nilai yang lebih baik yaitu pada level -4 persen, di mana ytd return indeks bursa Singapura itu -16 persen, Malaysia -18 persen, London -13 persen, dan Dow Jones di Amerika turun 5,74 persen. Dan mengulas bahwa indikator-indikator pasar modal selama 2011 tampak terkoreksi. itu merupakan reaksi dari kondisi dunia dan antisipasi dampak dari krisis global terhadap negara-negara berkembang. Dalam hal ini, bisa dilihat dari beberapa indikator seperti nilai kapitalisasi pasar saham di Indonesia yang juga turun menjadi sekitar Rp2.963 triliun (kemarin). Padahal kapitalisasi pasar bursa Indonesia pernah mencapai Rp3. 700 triliun  (1 Agustus 2011).

pesan menteri keuangan, Kita tidak akan terpengaruh oleh pasar global, apabila kita pandai menjaga ekonomi domestik kita. Tentu ini kembali menjadi tantangan kita, bagaimana pemerintah dan semua pelaku pasar di Indonesia menjaga ekonomi kita.

Solusinya yaitu dengan mengajak semua pelaku pasar modal menjaga kinerja dari masing-masing institusinya, menjaga pasar modal Indonesia, agar tetap kredibel menjalankan prinsip-prinsip government. Dan kita harus yakin bahwa IHSG masih akan relatif baik karena IHSG kita akan didukung oleh ekonomi Indonesia yang akan relatif baik dibandingkan negara-negara yang ada di dunia.

Sumber : tribun news

Nama : Vanez Intania Kinanti / 20209914

3EB09